Di dalam sutra Aliran Mahayana dikatakan bahwa, mereka yang terlahir ke Alam Sukhavati, boleh dikatakan bahwa praktisi ini bukanlah orang sembarangan, yakni pada masa kelahiran lampau pernah memberi persembahan kepada para Buddha Tathagata yang tak terhingga. Pada kehidupan sekarang bertemu dengan pintu Dharma ini, bersamaan itu pula memperoleh pemberkatan dari para Buddha Tathagata, barulah anda dapat meyakininya, barulah anda dapat memahaminya dan barulah dapat membangkitkan tekad dan melatih diri.
Jika tidak ada akar kebajikan yang demikian mendalam dan tebal, setelah bertemu dengan pintu Dharma ini, anda takkan bisa membangkitkan keyakinan, meskipun telah meyakininya namun beberapa tahun kemudian akan mengalami kemunduran dan beralih mempelajari pintu Dharma lainnya. Maka itu ketika kita melihat praktisi yang beralih mempelajari pintu Dharma lainnya, yang mengalami kemunduran, dalam hati jadi jelas dan mengerti, mereka tidak memiliki akar kebajikan dan berkah kebajikan yang begitu besar, maka juga tak berdaya, ini adalah hal yang biasa.
Andaikata ketika bertemu kesulitan namun hatinya juga tidak mundur, tetap melafal Amituofo berkesinambungan, kita tahu bahwa praktisi ini pada masa kelahiran lampaunya telah memberi persembahan kepada para Buddha Tathagata yang tak terhingga dan tanpa batas, akar kebajikan ini pada kelahiran ini sudah masak, dia pasti berhasil terlahir ke Alam Sukhavati dan pasti akan memperoleh kesempurnaan, kebenaran ini hendaknya dipahami.
Bersamaan itu pula, saat sekarang ini kita harus tahu untuk memutuskan segala kejahatan dan memupuk segala kebajikan, membantu memperteguh tekad kita terlahir ke Alam Sukhavati dan mencapai kesempurnaan. Kita masih kurang sedikit, belum mencukupi, maka itu dengan bersungguh-sungguh mengerahkan segenap kemampuan untuk menambal kekurangan ini, supaya jangan ada rintangan dalam usaha kita untuk terlahir ke Alam Sukhavati, saat menjelang ajal terlahir ke Alam Sukhavati dengan bebas tanpa rintangan, tidak mengalami penderitaan sakit dan penderitaan kematian, ini dapat diwujudkan.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Januari 2015
大乘經裡所說的,只要往生西方極樂世界,這個人實際來說他不簡單,都是過去生中曾經供養無量諸佛如來。這一生遇到這個法門,同時得到一切諸佛如來的加持,你才能信,你才能解,你才能願,你才能修行。如果沒有過去這樣深厚的善根,你遇到了不相信,信了以後過幾年會產生變化,會退轉,會改學其他法門。所以,我們看到改學別的法門的、退轉的,心裡就很清楚很明白,他沒有這麼大的善根、福德,那沒法子,正常現象,不是不正常。
如果遭遇什麼樣的困難他都不退心,他就一句佛號念到底,我們知道這個人過去生中供養無量無邊諸佛如來,這個善根在這一世成熟了,他決定得生,決定成就,這個道理要懂。同時,我們在現前要知道斷一切惡、修一切善,幫助我們往生極樂世界的願心早一天成就。我們現在還欠一些、還不足,認真努力把這個缺陷補過來,讓我們往生沒有障礙,走的時候能自在走,沒有病苦、沒有死苦,這個可以做得到。
文摘恭录 — 二零一四淨土大經科註 (第一六四集) 2015/1/14
Sumber :
Keseimbangan Batin
Tidak ada komentar:
Posting Komentar