Membangkitkan keyakinan dan tekad melafal Amituofo merupakan metode yang mudah, hanya senantiasa melafal Amituofo, dalam segala waktu dan tempat melafal berkesinambungan tak terputus. Belajar untuk melafalnya di dalam hati, saat melafal jangan terlalu cepat, setiap suku kata harus dilafal dengan jelas, dan mendengarnya dengan jelas.
Bagaimana cara mendengarnya? Telinga harus mendengar suara dari dalam hati, mendengarnya dengan jelas sepatah demi sepatah, dilafal dengan jelas, mendengar lafalan Amituofo dengan jelas merupakan hal yang begitu penting. Bila anda dapat mendengar dengan jelas setiap suku kata yang dilafal, maka khayalan takkan muncul; andaikata anda tidak mendengarnya maka khayalan dan bentuk-bentuk pikiran akan timbul, sehingga merusak ketrampilanmu dalam melafal Amituofo.
Maka itu harus mendengar, ini merupakan metode melatih diri Bodhisattva Avalokitesvara, Bodhisattva Avalokitesvara menggunakan indera pendengaran, Beliau bukan mendengar suara dari luar, namun mendengar suara di dalam diriNya. Pintu Dharma apa yang dilatih oleh Bodhisattva Avalokitesvara sehingga dapat berhasil? Bila dipikirkan, tentu saja juga melafal Amituofo dan mencapai keberhasilan. Bodhisattva Mahasthamaprapta meraih keberhasilan dengan cara melafal Amituofo, Bodhisattva Avalokitesvara juga serupa.
Hari ini kita memadukan metode dari Bodhisattva Avalokitesvara dan Bodhisattva Mahasthamaprapta, kita mendengar suara lafalan Amituofo, jangan mendengar yang lainnya, yakni hal lainnya jangan taruh di hati, di hati hanya ditaruh Amituofo saja.
Dalam menangani urusan, segalanya dilakukan dengan jelas, setelah selesai jangan ditaruh hati, seolah-olah tidak ada yang terjadi, di hati hanya ada sepatah Amituofo, aktivitas apapun takkan menghalangi anda untuk melafal Amituofo.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Desember 2014
信願持名簡單,就這一句阿彌陀佛,要常念,一切時一切處不要中斷。學默念,心裡念,心裡聽。念得不要快,阿彌陀佛,這樣速度就行,每一個字念得很清楚、聽得很清楚。怎麼聽?耳要聽裡面的聲音,不開口念,默念有聲音。耳要專聽裡面的佛號,聽得清清楚楚,念得清楚、聽得清楚比什麼都重要。你能字字聽清楚,就不會有妄念進來;你要是不聽,它就有妄想、有雜念,把你念佛的功夫都破壞了。所以一定要聽,這種聽就是觀世音菩薩修行的方法,觀音用耳根,「反聞聞自性」,他不是聞外面,他聞裡面的。觀音菩薩修什麼法門成就的?想必也是修念阿彌陀佛成就的。大勢至菩薩是念阿彌陀佛成就的,觀音菩薩也不例外。我們今天把觀音、勢至的方法合而為一,就是觀音菩薩的反聞,我們聞什麼?我們只聞阿彌陀佛,其他的都不要聞,也就是其他的都不要放在心上,心上只放阿彌陀佛,阿彌陀佛以外東西都不要放在心上。事情來了很清楚,事情辦完了若無其事,絕不把這些事情放在心上,只把阿彌陀佛放在心上,你在這個世間無論幹什麼事情都不障礙。
文摘恭录 — 二零一四淨土大經科註 (第一四五集) 2014/12/10
Sumber :
Semilir Sukacita
Tidak ada komentar:
Posting Komentar