Senin, 18 Juli 2016

Maka Itu Lebih Baik Tidak Melihat Buddha

Mengapa dalam keseharian kita melafal Amituofo tetapi juga tidak bisa melihat Buddha Amitabha? Lebih baik tidak melihatNya, jika dapat melihatNya maka akan muncul kegirangan, begitu kegirangan muncul, maka akan kehilangan pikiran benar.

Maka itu Buddha dan Bodhisattva tidak selalu menampakkan diri, karena takut mengacaukan dan mengganggu dirimu. Sampai ketika anda telah memiliki kemampuan untuk tak tergoyahkan, sehingga saat anda melihat Buddha Amitabha, anda juga akan bersikap biasa-biasa saja, meskipun telah melihatNya namun pikiran anda tetap seimbang, takkan goyah, dengan demikian maka anda akan selalu berjumpa dengan Buddha.

Buddha menampakkan diri adalah untuk membantumu menyempurnakan sila, samadhi dan prajna, jadi bukan sebaliknya malah mengacaukan sila, samadhi dan prajna dirimu, bila kemunculan diriNya akan mengacaukan sila, samadhi dan prajna dirimu, maka Buddha pasti takkan menampakkan diri.

Maka itu lebih baik tidak melihat Buddha, karena begitu kita melihat Buddha kita akan jadi kegirangan sehingga pikiran jadi goyah, bahkan muncul keangkuhan, memandang rendah pada praktisi lainnya, ketrampilan melatih diri saya lebih hebat daripada dirimu, makanya saya dapat melihat Buddha, sedangkan kamu belum bisa, ini adalah keangkuhan.

Keangkuhan merupakan kekotoran batin yang parah, bila keangkuhan ini masih ada, tabiat masih ada, Buddha takkan menampakkan diriNya.          

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Mei 2015
  

我們平時念佛,為什麼見不到阿彌陀佛?見不到還好,見到一定很喜歡,那個喜歡的心動了,你的定意失掉了。所以佛菩薩不常現身,怕擾亂你、怕干擾你。到你有本事見阿彌陀佛見如不見,毫不動搖,不受動搖,你就常常見到佛。佛現身是幫助你戒定慧,不會干擾你戒定慧,凡是會干擾戒定慧,他一定不現身,就這麼個道理。所以說不見還好,見到一定大驚喜,反而心動,甚至於起傲慢之心,看不起別的修行人,我的功夫比你好,我見到佛你還沒見到,傲慢。傲慢是大煩惱,你這種煩惱還在、習氣還在,佛不現身。

文摘恭录  發大誓願(第二回)  (第十集)  2015/5/17

Sumber :
Keseimbangan Batin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar