Inginkah dalam satu kehidupan mencapai keberhasilan? Inginkah terlahir ke Tanah Suci Sukhavati? Jika ingin maka ini tidak sulit, asalkan membangkitkan keyakinan benar dan tekad menyeluruh, menfokuskan pikiran melafal Amituofo bertekad lahir ke Alam Sukhavati, maka setiap orang dapat berhasil. Meskipun pada masa lampau menciptakan banyak karma buruk, jangan taruh di hati, dengan sepatah Amituofo, kita harus percaya pada apa yang tercantum di dalam sutra, dengan melafal sepatah Amituofo dapat mengeliminasi delapan miliar kalpa karma berat tumimbal lahir. Anda harus percaya Buddha takkan berdusta, setiap patah perkataan Beliau adalah kebenaran, insan yang percaya memiliki berkah.
Terutama praktisi yang hidup pada masa kini, apapun janganlah dipikirkan, janganlah terpengaruh pada perubahan dan opini masyarakat, tak peduli dalam kondisi bagaimanapun, suka maupun duka, jodoh yang baik maupun buruk, semuanya dihadapi dengan sepatah Amituofo. Semua Dharma akan kembali pada sepatah Amituofo, sepatah Amituofo ini adalah mewakili keseluruhan Dharma, dengan demikian hatimu barulah dapat tenang, barulah ketrampilan melafal Amituofo akan jadi efektif.
Andaikata anda masih saja terpengaruh oleh opini luar, bagaimana mungkin ketrampilan melatih diri anda bisa maju? Maka ini seperti yang dikatakan oleh praktisi jaman dulu, hanya bisa menanam benih melafal Amituofo di Alaya-vijnana (gudang kesadaran), yang akan bertunas pada masa kelahiran-kelahiran berikutnya, namun dalam satu kehidupan ini tidak bisa berhasil.
Jika ingin berhasil pada satu kehidupan ini juga, maka harus melepaskan semua kemelekatan, yakni seperti yang sering saya sarankan pada anda semuanya, jangan sampai terpengaruh oleh keadaan di luar. Andaikata keadaan di luar itu datang mengganggu maka apa yang harus dilakukan? Turuti saja apa adanya, anda mau bilang ini bagus yah terserah; anda mau bilang ini tidak bagus, juga terserah, segalanya menuruti apa adanya.
Bagaimana yang disebut “menuruti apa adanya”? Tidak melekat pada rupa disebut “menuruti apa adanya”, jika melekat pada rupa tidak disebut “menuruti apa adanya”, melekat pada rupa menciptakan karma buruk, tak peduli itu adalah baik atau buruk, asalkan anda melekat padanya, anda menaruhnya di dalam hati, inilah yang disebut dengan melekat pada rupa. Di dalam Alaya-vijnana ada benih baik dan benih buruk, benih baik akan mengantar kelahiran di tiga alam bajik; benih buruk akan mengantar kelahiran di tiga alam penderitaan, anda tidak mungkin bisa menghindar.
Jadi bagaimana caranya agar tidak melekat pada rupa? Tak peduli apakah itu adalah baik atau buruk, janganlah taruh di hati, di dalam hati hanya boleh ditaruh sepatah Amituofo saja, selain Amituofo, apapun jangan ditaruh, inilah yang dimaksud dengan tidak melekat pada rupa. Anda hanya melekat pada Buddha Amitabha, setiap niat pikiran adalah Alam Sukhavati, selain Amituofo maka takkan ada lagi yang lainnya, pasti berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Oktober 2014
想不想一生成就?想不想往生淨土?要是想,不難,真信切願,一向專念,求生淨土,個個都能成就。縱然過去造了很多罪業,不要緊,這一句阿彌陀佛,經上講的我們要相信,念一聲佛號消八十億劫生死重罪。你要相信,佛不是說大話,不是欺騙人,句句都是老實話,相信的人有福了。特別是生在現前這個時代,什麼都不要想,不要受社會這些變化所干擾、所影響,無論什麼境界,順境逆境、善緣惡緣,統統都是一句阿彌陀佛。萬法歸一,一就是這一句佛號,一切法統統歸到這一句佛號,這一句佛號代替一切法,你心就清淨,念佛功夫就得力。你要是還受外面境界干擾,還放不下外面境界,你的功夫怎麼會得力?不得力,那古人講的,只是阿賴耶裡面落一個念佛的種子,做為他生後世遇到緣繼續再幹的這個好處,這一生不能成就。
這一生要成就,要放下,萬緣放下,也就是我常常勸勉大家的,不受外面環境干擾。外面環境一定來干擾,干擾怎麼?隨緣。你說好,很好;你說不好,也很好,一切都隨緣。隨緣,怎麼叫隨緣?不著相叫隨緣。著相不是隨緣,著相就造業,無論是善法是惡法,只要著相。著相是什麼?你把這個放在心上,這叫著相。阿賴耶識有善有惡,著善的相,將來來生生三善道;著惡的相,來生果報是三惡道,你決定逃不了。怎麼就不著相?不管它是善是惡,都不要放在心上,心上只放阿彌陀佛,除阿彌陀佛之外什麼也不放,這叫不著相。你心裡著的相是阿彌陀佛,念念都是西方極樂世界,念念都是阿彌陀佛,除阿彌陀佛之外什麼也沒有,決定得生。
文摘恭录 —二零一四淨土大經科註 (第一二二集) 2014/10/26
Tidak ada komentar:
Posting Komentar