Kamis, 14 Juli 2016

Buddha Sakyamuni dan Ananda Pada Masa Lampau

Buddha Sakyamuni membabarkan bahwa Beliau sendiri dengan Ananda dan murid-murid lainnya yang berada di persamuan sebanyak 1255 orang. “Pada masa lampau saat BuddhaDharmagahanābhyudgata-rājasedang membabarkan Dharma di dunia, bersama-sama membangkitkan Anuttara-samyak-sambodhi”. Pada masa lampau, Buddha Sakyamuni dan Ananda bersama-sama membangkitkan Anuttara-samyak-sambodhi, namun oleh karena Ananda lebih suka belajar beraneka ragam, sementara Buddha Sakyamuni sendiri lebih suka menfokuskan diri pada satu pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan untuk jangka panjang, Ananda memperagakan pada kita tentang insan yang suka belajar beraneka ragam, inilah maknanya.

Insan yang suka belajar beraneka ragam ini hingga sekarang masih juga tidak melepaskan kemelekatan, maka itu kemajuannya begitu lamban, sedangkan insan yang tekun menfokuskan diri telah mencapai Kebodhian tertinggi yang tiada taranya.

Masa kini banyak orang yang memiliki gejala ini, dari sini kita seharusnya bisa tercerahkan. Insan yang suka belajar beraneka ragam, mengamalkan sila dan melafal Amituofo, juga tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati, kehidupan mendatang masih bertumimbal lahir jadi manusia, bertemu Buddha Dharma masih melanjutkan belajar dan melatih diri, ini juga harus mengandalkan ada tidaknya jodoh Dharma.

Andaikata tidak memiliki jodoh Dharma mungkin harus menunda lagi hingga beberapa kelahiran mendatang, bahkan hingga belasan kelahiran selanjutnya, ratusan bahkan ribuan kelahiran juga masih belum tentu, karena tidak mengetahui anda akan bertumimbal lahir ke alam mana, di planet mana yang mungkin tidak memiliki Buddha Dharma, maka anda akan melewatinya dengan sia-sia, hanya menikmati segelintir berkah. Sedangkan praktisi yang terfokus melafal Amituofo dan terlahir ke Alam Sukhavati, sampai di Alam Sukhavati menjadi Bodhisattva Avaivartika, jadi tidak sama! Perbedaannya terlampau jauh.

Pintu Dharma adalah setara, tidak ada yang lebih tinggi atau lebih rendah, namun dalam belajar itu haruslah menfokuskan diri pada satu pintu Dharma dan mendalaminya, tak peduli anda menjatuhkan pilihan pada pintu Dharma yang mana, maka fokuskanlah diri pada satu pintu Dharma tersebut lalu mendalaminya, begini barulah betul, jika anda suka belajar beraneka ragam, maka ini sudah salah.

Mungkin saja anda akan berkilah, bukankah di dalam “Empat Prasetya Agung” tercantum bahwa “Bertekad mempelajari pintu Dharma yang tak terhingga”, lalu mengapa saya yang suka belajar beraneka ragam ini dikatakan sudah salah?  Apakah anda ada melihat dua kalimat sebelumnya? Bertekad mempelajari pintu Dharma yang tak terhingga, kalimat kedua adalah menfokuskan diri pada satu pintu Dharma dan mendalaminya, dengan menfokuskan diri pada satu pintu Dharma dan mendalaminya barulah anda akan mencapai KeBodhian tertinggi tiada taranya (KeBuddhaan). Setelah mencapai KeBodhian tertinggi tiada taranya, barulah belajar beraneka ragam, maka begini barulah betul. Jadi bukan menyuruhmu baru mulai melangkah sudah belajar beraneka ragam, ini tidak masuk akal. Ini tidak boleh tidak dipahami.

Ananda melakonkan adegan ini buat kita, manakala di masa kini sebagian besar praktisi selalu berjalan di jalur serupa ini. Maka itu tidak perlu heran melihat ada orang yang tersesat melangkah ke jalan begini, ini adalah fenomena biasa, mengapa demikian? Dia terpengaruh oleh opini orang banyak. Kapan dia akan kembali ke jalan yang benar? Yakni ketika dia benar-benar sudah tercerahkan, menfokuskan diri pada satu pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan untuk jangka panjang, maka dengan demikian dia telah kembali ke jalan yang benar.
.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Oktober 2014



佛說了,說我與阿難等,這個等字,就是與會一千二百五十五人。「於空王佛所,同時發阿耨多羅三藐三菩提心」。過去釋迦牟尼佛跟阿難地位相同的,可是「阿難常樂多聞」,這樂是愛好,喜歡多聞,廣學多聞,「我常勤精進」,世尊他就一門深入長時薰修,阿難是廣學多聞,表這個意思。這個廣學多聞的人一直到現在還沒放下,所以他的進步很緩慢,而常精進的人已經證得無上菩提。阿耨多羅三藐三菩提,翻成中國意思,無上正等正覺,這成佛了。我們現在有不少人有這個現象,在這個地方看到的時候要覺悟。喜歡多聞的人,真正持戒念佛,喜歡多聞他不能往生,來生還得人身,遇到佛法繼續再修學,那得靠緣分。如果沒有緣分可能耽好幾世,乃至十幾世、百世千世不一定,因為不知道你到哪裡去投胎去了,投胎在那個星球上沒有佛法,你就得空過,享一些痴福。這個精進的人念佛往生了,生到極樂世界就是阿惟越致菩薩,不一樣!差別太大了。法門平等,無有高下,是從理上講的,理上是一點都沒錯。法門必須要一門深入,無論哪一門,一門深入就對了,廣學多聞那你就錯了。四弘誓願裡頭明明說的,「法門無量誓願學」,那我怎麼學錯了?你有沒有看到前面兩句?法門無量誓願學,不是擺在第一句,第一句是叫你發心,第二句是叫你一門深入,一門深入你能證果,能證無上菩提。證得無上菩提,再廣學多聞,那就沒錯了。不是教你起步就廣學多聞,沒這個說法的。這是我們不能不知道的。

  阿難為我們表演的這個路,就是我們今天一般人絕大多數的人都走這條路。所以我們看到有人迷失道路走這一條不足以為奇,正常現象,為什麼?他受大眾的感染。什麼時候他才能回頭?他什麼時候真正覺悟到,一門深入,長時薰修,他就回頭了。

文摘恭录 —二零一四淨土大經科註  (第一二二集)  2014/10/26

Sumber :
Semilir Sukacita 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar