Minggu, 17 Juli 2016

Alam Para Buddha Dari Tiga Masa Di Sepuluh Penjuru

Alam para Buddha dari tiga masa di sepuluh penjuru, para makhluk yang menghuninya, masing-masing memiliki niat hati yang berbeda-beda, oleh karena itu, maka kehadiran insan suci dan bijak amat diperlukan. Dengan adanya insan suci dan bijak barulah ada guru yang baik, barulah dia dapat mengajari kita, hari ini kita dapat memahami ajaran kebenaran adalah berkat insan suci dan bijak.

Maka itu, mengapa insan suci dan bijak muncul di dunia ini? Untuk mendidik manusia. Contohnya Bodhisattva di dunia ini, jika Dia merasa bahwa orang ini berjodoh dan dapat bersukacita menerima ajaran, maka Dia akan mengajari orang itu dengan bersungguh-sungguh; sebaliknya bila tidak berjodoh dan tidak bisa menerima ajaran, juga harus mengajari orang tersebut, mengapa demikian?

Agar dia dapat mendengarnya, sekali melewati telinga maka selamanya menjadi benih, menanam benih di dalam alayavijnana nya, pada masa kehidupan sekarang mungkin masih belum berbuah, kehidupan mendatang atau berikutnya benih ini ketika bertemu faktor pendukung akan menjadi efektif. Maka itu Bodhisattva memperlakukan seluruh makhluk dengan setara, hidup berdampingan secara harmonis, tanpa perbedaan, tidak ada kemelekatan.

Berbeda dengan orang awam yang masih memiliki perbedaan, yang akrab dan asing, baik dan buruk, yang kusuka maka kuajari, yang tidak disukai maka tidak diajari, ini adalah orang awam.

Jadi tujuan insan suci dan bijak dengan orang awam itu tidaklah sama, orang awam takkan bisa keluar dari enam alam tumimbal lahir sedangkan insan suci tidak berhenti meningkatkan kemajuan batin, musuh dan kerabat adalah setara, begitu bermaitri karuna dan bersukacita, meningkatkan kualitas diri dan membantu orang lain.

Yang bersedia menerima ajaran maka pada masa kelahiran ini akan berhasil; yang tidak sudi menerima ajaran maka membantunya menanam benih supaya pada kelahiran yang akan datang makhluk tersebut dapat berhasil.  

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Januari 2015  


十方三世一切諸佛剎土,裡面的眾生,各個心念不相同,正因為如此,所以聖賢君子就非常重要。有聖賢君子才有好老師,他才會教我們,我們終於把這個事情搞清楚、搞明白了,沒有聖賢君子不知道。所以,聖賢君子住在世間幹什麼?教人。主動的教人,菩薩,菩薩在世間,他認識這個人有沒有緣分,有緣,他歡喜接受,得認真教他;沒有緣,他不能接受也要教他,為什麼?讓他一入耳根,永為道種,在阿賴耶裡頭給他種善種子,這一生不起作用,來生後世遇到善緣它起作用。所以佛菩薩對一切眾生平等對待,和睦相處,沒有分別、沒有執著。不像凡夫,凡夫有親疏、有好惡,我喜歡你教你,我討厭你,你想跟我學我都不教你,那凡人。凡人跟聖人用心不一樣,凡人肯定出不了六道輪迴,聖人不斷提升自己,怨親平等,都是那麼樣慈悲、那麼樣的歡喜,提升自己,幫助別人。聽話的,這一生成就;不聽話的,來生後世幫眾生種好因,希望將來開花結果。

文摘恭录  二零一四淨土大經科註  (第一六二集)  2015/1/11 

Sumber :
Keseimbangan Batin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar