Selasa, 12 Juli 2016

Karir Dalam Agama Buddha Adalah Memberi Ceramah Dharma

Kita belajar Ajaran Buddha, ini harus dilihat jelas dan dipahami, saat kini Buddha sudah tidak berada di dunia ini, diri sendiri harus tahu untuk giat memajukan batin. Karir dalam Agama Buddha adalah memberi ceramah Dharma, tidak ada yang lainnya lagi. Ketika Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma di dunia ini, tidak memiliki vihara, sepanjang hidup tidak mendirikan vihara. Vihara dibangun oleh raja dan pejabat, bangsawan dan umat berkeluarga, mereka memiliki taman, villa, untuk dipersembahkan kepada Buddha Sakyamuni, Buddha juga tidak menolaknya, kemudian membabarkan Dharma di dalamnya, membuka pesamuan Dharma besar, setelah selesai membabarkan Dharma, Beliau pun meninggalkan tempat tersebut, mengembalikannya kepada si pemilik. 

Dengan perkataan lain, hanya pinjam pakai, tidak menerima persembahan, bersih, hati suci. Para siswaNya juga tidak ada yang diperebutkan, ketenaran dan keuntungan juga adalah semu, Buddha saja melepaskannya, maka itu giat berusaha dalam menempa diri.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Juli 2014


我們學佛,這個要看清楚、要看明白,現在佛不在世了,自己要知道提升。佛教的事業就是講經教學,沒有其他的。世尊當年在世沒有道場,一生沒有建道場。這些國王大臣、長者居士,他們有花園、有別墅,供養釋迦牟尼佛,佛也不拒絕,在這個裡面講經,開大法會,講完了之後離開了,還給他們。換句話說,統是借用,不接受供養,乾淨,心地清淨。同學也沒有什麼爭的,名聞利養都是假的,佛都捨掉了,所以道業精進。

文摘恭录  二零一四淨土大經科註  (第七十六集)  2014/7/14

Sumber :
Semilir Sukacita 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar