Senin, 18 Juli 2016

Apabila Kekotoran Batin (Klesa) Masih Belum Terputus

Apabila kekotoran batin (klesa) masih belum terputus, maka harus menfokuskan diri pada satu pintu Dharma saja; setelah kekotoran batin dikikis barulah boleh belajar aneka ragam. Kita selalu melihat praktisi yang tekun belajar, sebelum jadi terkenal dia masih rendah hati, begitu namanya tenar langsung jadi angkuh, memandang rendah pada orang lain. Mengapa demikian? Karena bahan yang dia pelajari sudah terlalu beragam dan campur aduk, pengetahuannya luas, semakin beragam yang dia pelajari, maka kekotoran batinnya semakin berat, pada akhirnya satu bidang pun tidak berhasil, malah sebaliknya menjadi rintangan bagi usahanya untuk terlahir ke Alam Sukhavati.

Hanya dengan semangat dan ketekunan barulah bisa mencapai samadhi, dengan mencapai samadhi barulah bisa memperoleh prajna kebijaksanaan, kita seharusnya mempergunakan standar ini, maju dengan gigih dan takkan mundur.

Manusia hendaknya senantiasa memelihara kerendahan hati dan rasa hormat, seperti kata pepatah “Seiring mendalamnya ilmu pengetahuan yang dimiliki, pikiran jadi seimbang”, semakin merasa rendah hati. Jadi bukan semakin mendalam ilmu pengetahuan yang dimiliki maka semakin merasa sombong, memandang rendah pada orang lain, ini adalah kekotoran batin, ini bukan lagi kebijaksanaan, melangkah di jalan yang menyimpang, hal ini patut dipahami.

Di dalam masyarakat terdapat banyak orang sedemikian, bila kita bertemu dengan mereka, kita hanya memberi sikap hormat dan pujian, lalu cepat-cepat menghindar dan menjauh, tidak menjalin permusuhan dengannya. 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Mei 2015

煩惱不斷,要專修一門;煩惱斷了,才能廣學多聞。往往看到一個人用心修學,未出名時人還很謙虛,在一出名之後就貢高我慢,瞧不起人。為什麼?因為他學的東西太多了,博學多聞,學得愈多,煩惱愈重,到後來一事無成,反而障礙了往生。唯有精進才能得定,定是樞紐,慧是目的,最後是般若智慧,我們也應該依此標準,堅固不退。這個話說得很淺顯、很白,一看就懂,真的非常重要。人永遠要謙虛、永遠要恭敬,古人所說的「學問深時意氣平」,愈謙虛。沒有說是學問愈深,傲慢愈重,這眼睛慢慢長到頭頂上去,看不到人了,那是煩惱,那不是智慧,那是完全走錯了路,這個我們要知道。這個社會上那種人很多,我們碰到他,只有恭敬讚歎,趕快遠遠離開,不跟他結冤仇。

文摘恭录  發大誓願(第二回)  (第六集)  2015/5/12  

Sumber :
Keseimbangan Batin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar