Rabu, 13 Juli 2016

Insan Suci Dan Bijaksana Jaman Dulu

Insan suci dan bijaksana jaman dulu mengajari kita, menfokuskan diri pada satu pintu Dharma dan mendalaminya, melatihnya berkesinambungan untuk jangka panjang, inilah yang disebut berdiam dalam samadhi. Tak peduli apakah itu adalah Buddha Dharma atau Dharma duniawi, asalkan pikiran dapat difokuskan, maka takkan ada yang tidak berhasil. 

Dengan terfokus, maka dengan mempelajari Dharma duniawi akan menghasilkan insan suci dan bijaksana; dengan mempelajari Buddha Dharma, akan dapat mencapai tingkat kesucian Arahat, Bodhisattva. Terfokus adalah berdiam, tidak boleh banyak, harus menfokuskan diri pada satu pintu Dharma, inilah yang disebut samadhi mendalam.

Kita melafal Amituofo bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, harus mengandalkan ini. Apa yang harus diandalkan untuk terlahir ke Alam Sukhavati? Apa yang harus diandalkan untuk mencapai keberhasilan? Yakni menfokuskan diri pada satu pintu Dharma.

Dengan tercapainya samadhi maka muncullah prajna (kebijaksanaan), prajna muncul dengan sendirinya, di dalam prajna tiada yang tidak diketahui. Ketika tidak ada yang bertanya padamu, maka di dalam hatimu hanya ada sepatah Amituofo, yang lainnya tidak ada. Ketika orang lain mengajukan pertanyaan padamu, anda mengetahui segalanya, menjawab semua persoalan dan tidak perlu mempersiapkannya terlebih dulu.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 September 2014


古聖先賢教我們,一門深入,長時薰修,就是住深定門。無論佛法、世法,只要心專一,沒有不成就的。學世法,可以成為世間大聖、大賢;學佛法,可以成阿羅漢、菩薩。一就是住,不能搞多,一門深入,這就是深定門。起行所依,我們念佛求生淨土,得依靠這個。憑什麼往生?憑什麼成就?就憑這個,一門深入。無心往來,這個心是妄心,起心動念,把這個放下,直以三昧法門力起,這才要住定。我們在這裡慢慢練,練什麼?練轉識成智。智,三昧起用就是智慧。智是自自然然起來的,般若無知,無所不知。沒有人問你的時候,你確確實實心裡只有一句佛號,其他的什麼都沒有。當別人有問題提出來問你的時候,你樣樣都通,樣樣都能解答,你也不需要預備。

二零一四淨土大經科註  (第一0七集)  2014/9/12

Sumber :
Semilir Sukacita 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar