Selasa, 19 Juli 2016

Gerakan Vegetarian


Gerakan vegetarian berasal dari masa Kaisar Liang Wu-di yang mempeloporinya. Kaisar Liang Wu-di merupakan umat Buddha yang saleh, ketika membaca sutra aliran Mahayana, di dalam sutra tercantum bahwa Bodhisattva bermaitri karuna tidak tega mengkonsumsi daging makhluk hidup, setelah membacanya, Kaisar Liang Wu-di menjadi amat terharu, maka itu dia mempelopori gerakan bervegetarian, menurunkan titah agar seluruh vihara ikut bervegetarian.

Gerakan bervegetarian dijayakan oleh Aliran Mahayana Tiongkok. Maka itu kita melihat Ajaran Buddha di Tibet atau negara lainnya tidak mengamalkan vegetarian, hanya Ajaran Buddha di Tiongkok saja yang melaksanakan vegetarian.

Ini dikarenakan Ajaran Buddha di masa lalu mengamalkan tradisi pindapatra, orang lain memberimu makanan apa maka anda harus menerimanya, tiada pilihan lain, pindapatra tidak memiliki pilihan lain, tidak bisa mengatakan bahwa anda ini adalah vegetarian, orang lain memberimu persembahan sesuai dengan apa yang dia makan.

Maka itu budaya vegetarian telah meluas, mempermudah penyebaran Ajaran Buddha. Vegetarian selain menyehatkan, juga menimbun jasa kebajikan berkesinambungan, dengan tidak memakan daging makhluk hidup, maka tidak menjalin permusuhan dengan semua makhluk, ini merupakan gaya hidup yang amat bagus, ini amat pantas disebarluaskan.     

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Juli 2015


  素食的運動是梁武帝時候提倡的,梁武帝是個虔誠的佛教徒,讀大乘經,經上有菩薩慈悲不忍心吃眾生肉,他看了很受感動,他就帶頭素食,號召寺院裡面統統素食。所以素食運動是中國大乘興起來的。所以諸位看看西藏,他們不是素食,外國的佛教也都不是素食,只有中國佛教是素食。因為佛教過去托缽,人家給什麼吃什麼,沒有選擇的,托缽是沒有選擇的,不能說我要素食,人家吃什麼就給什麼。所以它適應的這種文化很普遍,便利佛教的弘傳。素食確實是健康的,也是積功累德,不食眾生肉,不跟一切眾生結冤仇,是非常好的飲食方式,這個值得宣揚。

文摘恭录  二零一四淨土大經科註  (第二O八集)  2015/7/6

Sumber :
Keseimbangan Batin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar